Friday, November 5, 2010

Community Research 2010 SMA AVICENNA CINERE

Community Research atau CR adalah sebuah kegiatan sekolah yang di selenggarakan oleh SMA Avicenna Cinere pada tanggal 3-5 November 2010. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan membuat siswa dan siswi sekolah SMA Avicenna Cinere lebih mandiri dan kreatif dalam bertindak. Sesuai dengan tema yg di angkat dalam CR kali ini yaitu "Membuat Pribadi yang Mandiri dan Kreatif". CR ini pun dibantu kinerja Osis SMA Avicenna, yaitu Osis Ksatria Parama Bhadrika,juga di bantu pula oleh volunteer Dwi Asakata Balakosa, dan PMR Jangkar.
Tapi sebelum CR ada yg di sebut PraCR (26-27 Oct,2010). PraCR adalah kegiatan pelatihan mental para peserta CR sebelum mengikuti CR. Acara PraCR tersebut diadakan di Sekolah. Di acara PraCR mereka di ajarkan bagaimana cara ber-argumentasi yang baik dan lancar. Lalu mereka pun di ajarkan kedisiplinan dalam bertindak agar di CR bisa bertindak lebih disiplin dan teratur. Karena di CR itu kan kita tinggal di rumah orang lain/kampung lain jadi kita harus bisa bertindak yg lebih sopan. Para peserta PraCR/CR di lengkapi dengan nametag dan juga tongkat sebagai idientitas mereka, dan tongkat tersebut jg bisa berguna untuk melindungi diri mereka ketika CR.
Dan pengertian Community Research itu sendiri adalah, sebuah kegiatan sekolah yg membuat anak SMA Avicenna lebih mandiri dan kreatif dengan cara. Siswa SMA Avicenna tingggal di sebuah desa yg jauh dari rmh dan orang tua mereka. Disana mereka harus bisa bekerjasama agar bisa memenuhi kebutuhan hidup. Contohnya, kalau mereka lapar maka mereka harus masak dan mengelolah bahan makanannya sendiri. Di desa tersebut mereka mempunyai orang tua asuh yg mempunya profesi pekerjaan yg berbeda-beda. Di sana mereka akan ikut membantu orang tua asuh mereka untuk bekerja. Contoh, Jika ada kelompok yg orang tua asuhnya bertani maka mereka pun harus ikut bertani. Pokoknya acara Community Research ini sangatlah menyenangkan.
Di acara CR 2010 kali ini ada beberapa kegiatan yang lumayan seru, antara lain memetik cabai, menangkap ikan, memetik kacang panjang, dll. Pokoknya di sini siswa siswi SMA Avicenna diajarkan hal2 baru yg asik dan menarik.

Ini adalah beberapa foto (Osis/Peserta) ketika sampai di tempat CR:






Dan disana OSIS beserta peserta melakukan kegiatan petik cabai dan menangkap ikan










Dan itulah beberapa foto yg dapat saya ambil dari kegiatan CR 2010. Selain kegiatan memetik cabai dan menangkap ikan, kita ada juga kegiatan penjelajahan yg seru abis. Pokoknya acara penjelajahan itu adalah istilahnya jiwa nya CR. Jadi di acara penjelajahan kita akan mendaki gunung sampai badan ada yg belepotan dengan lumpur. Tapi walaupun badan penuh dengan lumpur, peserta CR pun di sambut dengan air sungai yg jernih. Di sungai tersebut para peserta pun melepaskan rasa penat dan membasuh tubuh mereka yg kotor. Dan puncak CR adalah pada saat Malam hari yaitu api unggun. Di situ kita bernyanyi bersama dan mengadakan renungan.
Dan di hari terakhir para peserta pun packing barang dan akhirnya pulang dengan membawa cerita2 berharga dari mereka pada saat melakukan Community Research 2010.

0 comments:

Post a Comment